Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Ekspositori Dalam Mata Pelajaran TIK Kelas IX di SMP N 38 Sijunjung

Asi, Redha Septia (2011) Perbedaan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri dan Strategi Ekspositori Dalam Mata Pelajaran TIK Kelas IX di SMP N 38 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_REDHA_SEPTIA_ASI_79001_2010.pdf] Text
final_B1_REDHA_SEPTIA_ASI_79001_2010.pdf

Download (250kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Banyak strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam penyajiannya,diantaranya adalah strategi inkuiri dan strategi ekspositori kedua strategi pembelajaran ini sama-sama mendatangkan keuntungan dan kelemahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran Inkuiri dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori pada pokok bahasan email pada mata pelajaran TIK di SMP N 38 Sijunjung. Hipotesis penelitiian ini adalah terdapat perbedaan yang berarti antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Inkuri dan yang menggunakan strategi ekspositori. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP N 38 Sijunjung yang berjumlah 44 orang dan teknik pengambilan sampelnya adalah Purposive sampling. Pengumpulan data dalan penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 73,29 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol 66,93, berdasarkan perhitungan ttest diperoleh t hitung 2,48 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,074 sehingga t hitung > t tabel yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar TIK siswa yang menggunakan pembelajaran Inkuiri dengan siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Ekspositori,Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:51
Last Modified: 19 Sep 2025 07:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24917

Actions (login required)

View Item
View Item