Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn di Kelas IV SD Negri 08 Alang Lawas Kota Padang

Khamel, Raymond (2011) Penggunaan Media Film untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn di Kelas IV SD Negri 08 Alang Lawas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAYMOND_KHAMEL_90694_4011_2011.pdf] Text
final_B1_RAYMOND_KHAMEL_90694_4011_2011.pdf

Download (443kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 08 Alang Lawas Kota Padang menunjukkan bahwa pembelajaran PKn masih dilaksanakan secara konvensional dimana guru masih mempergunakan media pembelajaran yang terbatas pada buku teks dan penilaian pembelajaran hanya pada ranah kognitif. Hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang diperolehnya rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PKn tersebut diadakanlah penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran PKn dengan mempergunakan media film. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru PKn. Setiap siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan yang disertai pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2010/2011 di SD Negeri 08 Alang Lawas dengan subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD terteliti. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan hasil tes. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 08 Alang Lawas Kota Padang. Hal ini terlihat dari (1) Hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif terjadi peningkatan dari nilai rata-rata 7,1 pada siklus I menjadi 8,0 pada siklus II, (2) pada ranah afektif meningkat dari nilai rata-rata 7,8 pada siklus I menjadi 8,5 pada siklus II dan (3) pada ranah psikomotor meningkat dari nilai rata-rata 6,4 pada siklus I menjadi 7,9 pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan media film pada pembelajaran PKn perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ranah kognitif, afektif, psikomotor
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:49
Last Modified: 19 Sep 2025 08:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24910

Actions (login required)

View Item
View Item