Rayendra, Rayendra (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RAYENDRA_72276_566_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RAYENDRA_72276_566_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RAYENDRA_72276_566_2011.pdf
Download (287kB)
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi dalam pelajaran TIK. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar sebagian besar siswa SMP N 11 Padang masih belum mencapai batas kriteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu kurang dari nilai 70 yang merupakan nilai batas kriteria minimal SMP N 11 Padang, serta guru yang masih kurang memanfaatkan sumber belajar dalam membantu proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam pelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMP N 11 Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimen guna melihat perbandingan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Padang yang berjumlah 218 orang yang terdiri dari 7 kelas, dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas tersebut berjumlah 32 orang. Data diperoleh dari hasil tes tertulis yang berupa soal objektif berjumlah 30 butir soal mengenai perangkat lunak pengolah angka. Data dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t (t-test), yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 82,41 dan nilai rata-rata kelas kontrol 75,16. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) diperoleh t 2,94 sedangkan pada taraf kepercayaan α 0,05 t i tabel 2,000, sehingga t Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 11 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | roblem Based Learning (PBL),Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),Model pembelajaran inovatif |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:47 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24909 |