Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SDN 04 Padang Ganting

Raunas, Raunas (2011) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di SDN 04 Padang Ganting. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RAUNAS_50873_2011.pdf] Text
final_B1_RAUNAS_50873_2011.pdf

Download (214kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal bahwa pembelajaran membaca pemahaman yang dilaksanakan di kelas V sekolah dasar terteliti belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan pendekatan yang kurang tepat, guru kurang menguasai metode mengajar yang digunakan. Pendekatan kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah pembelajaran membaca pemahaman di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana, pelaksanaan dan peningkatan hasil kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V melalui model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di SDN 04 Padang Ganting. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru (peneliti), dan siswa kelas V SDN 04 Padang Ganting yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Proses pembelajaran terdiri dari siklus I dengan penyajian kelas terdiri dari pembangkitan skemata siswa, langkah kedua kegiatan kelompok, terdiri dari diskusi kelompok. Langkah ketiga persentasi kelompok. Langkah keempat refleksi, terdiri dari menyimpulkan pelajaran bersama. Langkah terakhir adalah penghargaan kelompok. Sedangkan siklus II menyelesaikan langkah yang belum tuntas pada siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan kooperatif tipe CIRC dalam pembelajaran membaca pemahaman, efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 7,09, sedangkan pada siklus II nilai rata siswa yaitu 8,55. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe CIRC terbukti memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman khususnya dalam menentukan ide pokok dan meringkas teks bacaan. Selanjutnya dengan mengkomunikasikan jawaban dengan temannya, siswa dapat belajar menghargai pendapat orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menentukan ide pokok,Model pembelajaran CIRC
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:46
Last Modified: 19 Sep 2025 07:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24906

Actions (login required)

View Item
View Item