Hubungan Status Gizi Dengan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Fitriani, Fitriani (2011) Hubungan Status Gizi Dengan Hasil Belajar Siswa SD Negeri 23 Pasir Sebelah Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FITRIANI_5464_94853_2011.pdf] Text
final_B1_FITRIANI_5464_94853_2011.pdf

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini didasari kenyataan dilapangan khusus nya SD Negeri 23
Pasir Sebelah masih rendahnya hasil belajar siswa. Banyak diakibatkan berbagai
faktor yang menyebabkan hal tersebut, salah satunya diduga adalah status gizi
siswa, khususnya Sekolah Dasar Negeri 23 Pasir Sebelah Kelurahan Pasie Nan
Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.
Penelitian ini tergolong kepada jenis penelitian korelasional. Populasi
Penelitian ini Berjumlah 199 orang Kelas I Sampai Kelas V1 Siswa Sekolah
Dasar Negeri 23 Pasir Sebelah Kelurahan Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto
Tangah Kota Padang. Sampel diambil dengan teknik propotional stratified
random sampling, dengan penarikan 15% dari populasi, dengan demikian jumlah
sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang yang terdiri dari 15 orang siswa
putera dan 15 orang siswa puteri. Teknik pengumpulan data adalah data hasil
belajar, pengukuran berat badan dan tinggi badan data ini digunakan untuk
mengetahui Status Gizi siswa Sekolah Dasar Negeri 23 Pasir Sebelah Kelurahan
Pasie Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Data diolah dengan
menggunakan analisis korelasi product moment.
Hasil analisis data menunjukan bahwa Status Gizi (X) dengan Hasil
Belajar (Y) siswa putera tidak terdapatnya hubungan yang signifikan. dengan
korelasi sebesar -0,017 dan pengujian koefesien korelasinya sebesar -0,060
dengan ttabel 2,160. Sedangkan Status Gizi (X) dengan Hasil Belajar (Y) siswa
puteri juga tidak terdapatnya hubungan yang signifikan. Dengan korelasi sebesar -
0,033 dan pengujian koefesien korelasinya sebesar -0,119 dengan ttabel 2,160.
Dalam upaya meningkatkan hasil belajar disarankan kepada orangtua siswa,
guru-guru dan semua pihak terkait supaya memberikan pengetahuan tentang
kesehatan terutama masalah gizi dan murid dituntut untuk selalau menigkatkan
gizinya, sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil
beljar yang akan dicapai murid dalam belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:44
Last Modified: 19 Sep 2025 07:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item
View Item