Emita, Fitriani (2011) Penerapan Strategi Belajar Aktif Tipe Guided Teaching Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FITRIANI EMITA-73233-2011.pdf [thumbnail of final_B1_FITRIANI EMITA-73233-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FITRIANI EMITA-73233-2011.pdf
Download (364kB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar kimia siswa disebabkan kurangnya motivasi dan
aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Aktivitas belajar siswa
yang rendah berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Salah satu
upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan
menerapkan strategi belajar aktif tipe Guided Teaching. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan apakah penerapan strategi belajar aktif tipe Guided
Teaching dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan
larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only
Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1
Pariangan. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Random
Sampling, sehingga terpilih siswa kelas X5 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas
X6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes hasil belajar berbentuk tes objektif yang telah diujicobakan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar kimia siswa pada kelas
eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata hasil belajar kimia pada kelas kontrol,
yaitu nilai rata-rata pada kelas eksperimen = 65,42 dan kelas kontrol = 59,46.
Setelah dilakukan uji t pada α = 0,05 didapat thitung = 2,23 dan ttabel = 1,67 serta dk
= 73. Karena nilai thitung > ttabel, berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi strategi
belajar aktif tipe Guided Teaching lebih meningkatkan hasil belajar kimia siswa
bila dibandingkan dengan menggunakan metode belajar secara konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 08:31 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24890 |