Fitriah, Fitriah (2010) Pendapat Siswa tentang Pendidikan Seks: Studi di SMP N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_FITRIAH_48033_728_2011.pdf [thumbnail of final_B1_FITRIAH_48033_728_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_FITRIAH_48033_728_2011.pdf
Download (827kB)
Abstract
Masa remaja merupakan salah satu periode dalam rentang kehidupan
manusia. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya siswa memiliki kebutuhan
beragam termasuk kebutuhan pendidikan seks. Pemberian informasi tentang
pendidikan seks menjadi penting mengingat pada masa remaja mulai muncul
ketertarikan kepada lawan jenis secara seksual, dan tanpa pemahaman yang jelas
tentang seks remaja bisa terlibat dalam perilaku seks yang tidak bertanggung
jawab. Oleh karena itu remaja membutuhkan informasi pendidikan seks agar
remaja dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi kematangan seksual,
mendapatkan pengetahuan yang benar tentang seks, dan dapat berprilaku secara
bertanggung jawab serta dapat menjaga diri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendapat siswa
tentang tujuan pendidikan seks, pendapat siswa tentang materi pendidikan seks
dan pendapat siswa tentang manfaat yang diperoleh dari pendidikan seks. Jenis
penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan secara
sitematis mengenai pendapat siswa tentang pendidikan seks di SMP N 2
Payakumbuh. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP N 2
Payakumbuh. Sampel penelitian adalah 39 orang siswa SMP Negeri 2
Payakumbuh, pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling Data
dalam penelitian ini dikumpulkan dengan mengunakan angket. Data di analisis
dengan menggunakan rumus persentase.
Dari temuan penelitian terungkap siswa berpendapat bahwa, pendidikan
seks menyangkut pemahaman yang benar tentang seks, pendidikan seks bertujuan
untuk mencegah siswa dari rasa ingin tahu yang kurang sehat. siswa sebagian
besar berpendapat bahwa materi pendidikan seks hendaklah disesuaikan dengan
kebutuhan siswa, pendidikan seks yang diberikan juga sesuai dengan norma yang
dianut siswa, dan siswa juga setuju bahwa pendidikan seks bermanfaat dalam
memperkuat rasa percaya diri siswa, membantu siswa dalam mengenal organ
reproduksi, serta mengindarkan siswa dari perilaku seksual yang tidak sehat.
Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada guru
pembimbing agar dapat memasukkan materi pendidikan seks ke dalam berbagai
bidang layanan yang akan dilaksanakan, kepada pesonil sekolah kshususnya guru
mata pelajaran agar dapat memasukkan materi pendidikan seks ke dalam mata
pelajaran yang mereka bina, bagi calon guru pembimbing agar dapat membekali
diri dengan pengetahuan yang luas khususnya yang berkaitan dengan pendidikan
seks, dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat menindaklanjuti hasil penelitian ini
dalam aspek yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:44 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24887 |