Mukhlis, Mukhlis (2009) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Eja pada Siswa X yang Mengalami Kesulitan Membaca di SDN 07 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUKHLIS_69653_09.pdf [thumbnail of final_B1_MUKHLIS_69653_09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUKHLIS_69653_09.pdf
Download (303kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah seorang siswa yangmengalami kesulitan dalam membaca permulaan membaca suku kata, disebabkantidak mampu mengikuti pembelajaran membaca dengan metode SAS. Tujuanpenelitian untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan metode eja dapatmeningkatkan kemampuan membaca suku kata pada siswa tersdebut. Subjekpenelitian adalah seorang anak berkesulitan membaca yang duduk di kelas I SDN07 Guguak VIII Koto Kecamatan Guguak.Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research dengandesain A-B. Yaitu desain penelitian yang membandingkan kemampuan membacasuku kata pada siswa X antara kondisi baseline dengan kondisi treatment.Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsungterhadap kemampuan membaca suku kata siswa X. Data direkam melaluiprosedur Event Recording yaitu memberi tanda ceklist pada sejumlah hasil bacaanyang dibaca dengan tepat. Jenis target behabiornya adalah persentase. Teknikanalisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk VisualAnalysis of Grafik. Hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatanpada kondisi baseline sebanyak delapan kali dan kondisi treatment sebanyakdelapan kali juga.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan metode eja dapatmeningkatkan kemampuan membaca suku kata siswa X secara signifikan. Hal initerbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi menunjukkanestimasi kecendrungan arah, kecendrungan kestabilan, jejak data dan tingkatperubahan yang meningkat secara positif serta overlap pada analisis nol.Disarankan pada guru anak yang mengalami kesulitan membaca permulaankhususnya susku kata agar menggunakan metode eja agar dapat berhasil denganbaik.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MEMBACA, KESULITAN MEMBACA, MEMBACA PERMULAAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 07:37 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 07:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24870 |