Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok

Elnanda, Fitria (2014) Pengaruh Teknik Mind Mapping terhadap Keterampilan Menulis Biografi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_FITRIA_ELNANDA_54544_1383_2014.pdf] Text
final_B1_FITRIA_ELNANDA_54544_1383_2014.pdf

Download (786kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh empat permasalahan berikut. Pertama,
siswa kurang berminat dalam menulis karena sulit menemukan ide dalam menulis.
Kedua, siswa belum mengetahui struktur penulisan biografi dengan baik. Ketiga,
teknik pembelajaran yang digunakan belum efektif untuk meningkatkan motivasi
belajar siswa. Keempat, materi pelajaran yang diberikan masih kurang bervariasi
dan masih dominan memberikan materi pelajaran dengan cara berceramah,
sehingga siswa menjadi kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh teknik
mind mapping terhadap keterampilan menulis biografi siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Kota Solok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini sebagai berikut.
Pertama, keterampilan menulis biografi. Kedua, teknik mind mapping. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data
penelitian ini adalah skor tes akhir keterampilan menulis biografi tanpa
menggunakan teknik mind mapping dan dengan menggunakan teknik mind
mapping siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. Hasil tes tersebut
dibandingkan dengan menggunakan rumus uji-t.
Berdasarkan penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama,
keterampilan menulis biografi tanpa menggunakan teknik mind mapping siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok berada pada kualifikasi Cukup (C). Kedua,
keterampilan menulis biografi dengan menggunakan teknik mind mapping siswa
kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga,
berdasarkan hasil uji-t, disimpulkan bahwa penggunaan teknik mind mapping
berpengaruh terhadap keterampilan menulis.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 19 Sep 2025 07:34
Last Modified: 19 Sep 2025 07:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24862

Actions (login required)

View Item
View Item