Jalisar, Ratna (2012) Pengembangan Buku Kerja Biologi SMP Berbasis Konstruktivisme pada Materi Pokok Organisasi Kehidupan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RATNA JALISAR_84028.pdf [thumbnail of final_B1_RATNA JALISAR_84028.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RATNA JALISAR_84028.pdf
Download (476kB)
Abstract
Guru memiliki peranan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar. Diantara bahan ajar yang bisa dikembangkan guru adalah buku kerja. Buku kerja biologi SMP yang telah diterbitkan terdapat beberapa kekurangan seperti terlalu sedikit materi, gambar tidak bewarna, latihan kurang bervariasi dan belum membangun pemahaman siswa secara mandiri, serta tampilan yang kurang menarik. Adanya buku kerja yang dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa sehingga mampu mengkonstruksi materi secara mandiri. Berbagai pendekatan bisa digunakan sebagai basis dalam mengembangkan buku kerja diantaranya pendekatan konstruktivisme diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami dan mengkonstruksi materi pelajaran secara mandiri berdasarkan pengalaman belajar dalam bentuk uraian materi dan mengerjakan latihan-latihan. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan bahan ajar berupa buku kerja biologi SMP berbasis konstruktivisme pada materi pokok organisasi kehidupan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4D yaitu define, design dan develop dan disseminate, tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek uji coba buku kerja adalah 1 orang guru dan 20 orang siswa kelas VII Baghdad di SMP Perguruan Islam Ar-Risalah Padang. Data penelitian adalah data primer, terdiri dari validitas dan praktikalitas yang dianalisis dengan analisis deskriptif. Dari penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa buku kerja biologi SMP berbasis konstruktivisme pada materi pokok Organisasi Kehidupan. Hasil uji validitas diperoleh rata-rata nilai validitas adalah sangat valid (3,52). Hasil praktikalitas oleh guru menunjukkan bahwa buku kerja berbasis konstruktivisme yang dikembangkan dikategorikan praktis (3,33), sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa dikategorikan sangat praktis (3,52). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa buku kerja biologi SMP berbasis konstruktivisme yang dikembangkan valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku Kerja Biologi,Model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:13 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24861 |