Sari, Ratna Dewi (2011) Pengaruh penggunaan Model Pembelajaraan Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA Negeri 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RATNA DEWI SARI-84214-2011.pdf [thumbnail of final_B1_RATNA DEWI SARI-84214-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RATNA DEWI SARI-84214-2011.pdf
Download (697kB)
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar kimia karena siswa tidak melihat manfaat langsung dari apa yang mereka pelajari untuk kehidupan sehari-harinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit di SMA Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan membandingkan kelas eksperimen dengan pembelajaran CTL dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling dan terpilih kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan kelas X.1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menunjukkan hasil belajar kognitif diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 90,80 dan kelas kontrol = 75,80. Melalui uji hipotesis menggunakan uji t’ diperoleh bahwa harga t’ hitung = 6,37 berada diluar interval H -2,026 < t’ < 2,026. Artinya hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran CTL lebih tinggi daripada o menggunakan model pembelajaran konvensional
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24859 |