Monemi, Ratih (2011) Pelaksanaan Pembelajaran Kejar Paket B pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat di Kecamatan Nanggalo Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_RATIH_MONEMI_63763_2011.pdf [thumbnail of final_B1_RATIH_MONEMI_63763_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_RATIH_MONEMI_63763_2011.pdf
Download (210kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kehadiran warga belajar Kejar Paket B yang mengikuti proses pembelajaran. Dari proses belajar mengajar yang berlangsung hanya setengah warga belajar Kejar Paket B yang hadir. Berdasarkan gejala tersebut diduga penyelenggaraan Kelompok Belajar (Kejar) tidak berjalan sebagaimana mestinya, sehingga kegiatan proses pembelajaran belum terkelola dengan baik. Salah satunya adalah faktor pelaksanaan yang dilakukan oleh pengelola program. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Kejar Paket B Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Nanggalo Kota Padang, yang mana dimulai dari tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Lokasi/tempat penelitian adalah PKBM Surya dan PKBM Anugrah Kecamatan Nanggalo Kota Padang dengan warga belajar (WB) sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan populasinya adalah program Kejar Paket B dan warga belajar sebagai responden. Adapun alat untuk mengumpulkan data adalah pedoman angket yang dikembangkan dalam bentuk butir pertanyaan dengan kategori selalu (SL), sering (SR), kadang-kadang (KD), jarang (JR), dan tidak pernah (TP). Sedangkan teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan perhitungan persentase. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan: (1) tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan program pembelajaran maupun dengan bahan pelajaran, agar tujuan pembelajaran tercapai hendaknya tutor selalu menjelaskan materi setiap awal pembelajaran dan memahami kebutuhan warga belajar setempat (2) materi pembelajaran sudah sesuai dengan program pembelajaran, sebaiknya lebih memperkaya materi pembelajaran dengan materi yang lebih aktual (3) metode pembelajaran sudah sesuai dengan program pembelajaran, memvariasikan penggunaan metode dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosankan (4) media pembelajaran sudah sesuai dengan program pembelajaran, hal ini dinyatakan dari banyaknya WB Kejar Paket B di Kecamatan Nanggalo Kota Padang yang menggunakan media pembelajaran yang relevan dan mendukung dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) J Political Science > J General legislative and executive papers L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:53 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24849 |