Muharrina, Muharrina (2011) Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Media Bigbooks bagi Siswa Kelas II SD Negeri No. 46 Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_MUHARRINA_07619_2610_2011.pdf [thumbnail of final_B1_MUHARRINA_07619_2610_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_MUHARRINA_07619_2610_2011.pdf
Download (220kB)
Abstract
Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti selama prosespembelajaran berbicara di kelas II SD Negeri No. 46 Kuranji Padang bahwakemampuan siswa dalam berbicara masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasilpenilaian siswa terhadap pembelajaran berbicara khususnya menceritakan isicerita yang dibacanya serta kemampuan berbahasa siswa dalam berbicara. Siswamasih banyak menggunakan bahasa ibu (bahasa daerah) dalam berbicara, siswatidak mampu berbahasa Indonesia yang baik dan benar serta siswa tidak mudahmemahami isi bacaan yang dibacanya. Dan juga nilai rata-rata siswa dibawahKKM. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan PTK agarbisa meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Penelitian ini bertujuanuntuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II SD Negeri No. 46Kuranji Padang melalui media bigbooks agar siswa tersebut terbiasa berani untukberbicara ke depan. Pembelajaran berbicara ini dilakukan dengan tiga tahap yaitukegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir.Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Datakuantitatif dihimpun dari hasil kemampuan siswa setelah melakukan pembelajaranberbicara melalui media bigbooks. Sedangkan data kualitatif dikumpulkan darigambaran kegiatan atau aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaranberbicara dalam menceritakan isi cerita bigbooks. Jenis penelitian ini yaituPenelitian Tindakan Kelas (PTK) 2 siklus. Setiap siklus PTK dilaksanakan denganprosedur: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bigbooks yang digunakandalam pembelajaran berbicara siswa kelas II SD Negeri No. 46 Kuranji Padangterbukti dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa karena dengan adanyaperpaduan warna serta ukuran gambar dan tulisan yang lebih besar pada ceritabigbooks membuat siswa termotivasi dan tertarik dalam belajar. Untukmengetahui peningkatan pembelajaran berbicara siswa melalui media bigbooks inidigunakan data yang berkaitan dengan aktivitas siswa dan aktivitas guru sertapencapaian hasil belajar siswa. Hasil penelitian siklus I berdasarkan rancanganRPP adalah 82,1% dan rekapitukasi penilaian proses dan hasil belajar siswaadalah 75,7%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan rancangan RPP adalah 89,2%dan rekapitulasi penilaian proses dan hasil belajar siswa adalah 76,2%. Dari hasilpengamatan dan rekapitulasi nilai yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwapenggunaan media bigbooks dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN BERBICARA, MEDIA BIGBOOKS, SISWA SEKOLAH DASAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 02:35 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24838 |