Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perawatan dan Rias Wajah Siswa Kelas X Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 7 TP 2010/2011.

Dewi, Muharika (2011) Hubungan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Perawatan dan Rias Wajah Siswa Kelas X Keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 7 TP 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_MUHARIKA_DEWI_90817_3720_2011.pdf] Text
final_B1_MUHARIKA_DEWI_90817_3720_2011.pdf

Download (216kB)

Abstract

Minat belajar sangat dibutuhkan siswa untuk menimbulkan kegairahan dansemangat dalam belajar sehingga siswa dapat memiliki hasil belajar yang baik danmemiliki kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan Perawatan dan RiasWajah. Kenyataannya siswa kelas X keahlian Tata Kecantikan Rambut SMK Negeri 7Padang Tahun Masuk 2010/2011 diduga memiliki minat belajar yang rendah yangmenyebabkan hasil belajar siswa berada pada nilai dibawah KKM.Penelitian ini bertujuan mengungkap hubungan Minat Belajar (X) dengan HasilBelajar (Y) mata pelajaran Perawatan dan Rias Wajah. Subjek penelitian dalampenelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Padang keahlian Tata KecantikanRambut yang berjumlah 16 orang. Sebagai alat ukur untuk mengetahui minat belajarsiswa menggunakan angket (kuesioner) yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya,sedangkan hasil belajar digunakan data nilai siswa sebelum diremedial, dengan metodepenelitian korelasional dan untuk analisis data menggunakan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : minat belajar berada pada kategori sedangdengan persentase 70,45 %, hasil belajar dengan kategori kurang sekali denganpersentase sebesar 52,46 %. Korelasi menunjukkan angka nilai r product moment(rhitung) sebesar 0,310 berada pada kategori rendah, berdasarkan perhitungan data Hasiluji hipotesis diperoleh nilai thitung < ttabel (1.21 < 2.14) sehingga Ho diterima, yangberarti tidak terdapat hubungan yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar.Berdasarkan temuan ini bahwa hasil belajar yang rendah tidak dipengaruhi olehminat belajar karena diketahui minat belajar siswa berada pada kategori cukup tinggi,oleh karena itu, perlu dikaji faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa.Akhirnya, disarankan kepada semua pihak-pihak terkait dalam proses pendidikan agardapat meningkatkan kwalitas sarana dan prasarana, kurikulum metode dan strategipembelajaran yang digunakan agar dapat memberikan pengetahuan demimeningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR, RIAS WAJAH, KECANTIKAN RAMBUT
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan-D4
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:35
Last Modified: 19 Sep 2025 02:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24836

Actions (login required)

View Item
View Item