Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kec. Kapur IX Kab.Lima Puluh Kota

Nefri, Rati (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti Kec. Kapur IX Kab.Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_Rati Nefri_52378_2012.pdf] Text
final_B1_Rati Nefri_52378_2012.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini diadasari oleh kenyataan dilapangan bahwa dalam pembelajaran IPS, guru menceramahi siswa ,menyuruh menghafal dan mencatatkan materi pembelajaran. Dari 25 orang siswa, 18 orang tidak dapat mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan sekolah. Untuk mengatasi permasalahan itu salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan media gambar karena dengan media gambar ini bisa merangsang keinginan siswa dan siswa dapat mengingat materi pembelajaran dengan mudah. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk memperbaiki hasil belajar siswa yang masih rendah, sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan merupakan penelitian tindaka kelas. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai praktisi. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua sklus, stu siklus dilakukan dua kali pertemuan. Proses penelitian tindakan dua kelas ini merupakan prose siklus, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 02 Muaro Paiti. Penelitian ini menunjukan adanya peningkatan terhadap pembelajaran dan hasil belajar siswa degan menggunakan media gambar. Perencanaan embelajaran pada siklus I pertemuan I skornya 81% dan pelaksanaan dari aspek guru 75% dan aspek 75%. Pada pertemuan II rencana pelaksanaan pembelajaran mendapatkan skor 84%, dan untuk pelaksanaan dari aspek guru 82% dan aspek siswa 79% dan pertemuan ke II hasil belajar yang diperoleh siswa adalah 89%. Pada siklus II pertemuan I rencana pembelajaran mendapatkan skor 94% dan pelaksanaan dari aspek guru mendapatkan skor 89% dan aspek siswa 89% dan dari hasil belajar pada siklus II pertemuan II ini adalah 89%. Untuk perencanaan pada siklus II pertemuan ke II ini mencapai 97% dan pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru skornya 93% dari aspek siswa 93% dan sedangkan belajar yang dicapai 92%. Hal ini membuktikan meddia gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 02 Muaro Paiti dan peaksanaan pembelajaran IPS dapat dikatakan sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Muaro Paiti
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:52
Last Modified: 19 Sep 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24831

Actions (login required)

View Item
View Item