Pengaruh Pemberian Resitasi Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman

Rasmaini, Rasmaini (2010) Pengaruh Pemberian Resitasi Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team-Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RASMAINI-73124-2011.pdf] Text
final_B1_RASMAINI-73124-2011.pdf

Download (8MB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika adalah siswa tidak memiliki bekal awal sebelum pembelajaran dimulai, ketika pembelajaran berlangsung siswa hanya menerima penjelasan dari guru, dan siswa menjadi tidak aktif. Pemberian resitasi pada model pembelajaran TAI dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Pemberian Resitasi pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman. Hipotesis dalam penelitian adalah terdapat pengaruh yang berarti Pemberian Resitasi pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan melakukan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Penilaian pada ranah afektif dilakukan selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi yang mengacu pada penilaian ranah afektif. Dari hasil penelitian diperoleh data hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah afektif. Pada ranah kognitif diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 76.41 lebih tinggi dari kelas kontrol 68.92. Data pada ranah kognitif diuji dengan uji t, dengan dk=53 pada taraf nyata = 0,05 didapatkan harga t hitung 2 =2.32 dan t =2,00. Karena t hitung > t tabel , berarti t berada di luar daerah penerimaan Ho, sehingga Ho ditolak dan hipotesis kerja (H hitung ) untuk ranah kognitif diterima. Sedangkan hasil belajar ranah afektif didapatkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti Pemberian Resitasi pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization),Siswa kelas XI IPA SMAN 3 Pariaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:51
Last Modified: 19 Sep 2025 01:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24826

Actions (login required)

View Item
View Item