Hajis, Hajis (2009) Upaya Meningkatkan Pemahaman Struktur Tumbuh – Tumbuhan Melalui Pemanfaatan lingkungan bagi Anak Tunagrahita Ringan pada Mata Pelajaran IPA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAJIS-41903-2009.pdf [thumbnail of final_B1_HAJIS-41903-2009.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAJIS-41903-2009.pdf
Download (99kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah minimnya pemahaman
struktur bagian tumbuh – tumbuhan ( daun ) anak tunagrahita ringan. Hal ini
disebabkan karena belum optimal memanfaatkan lingkungan sekolah bagi anak
tunagrahita ringan dalam meningkatkan pemahaman struktur tumbuhan ( daun ).
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman struktur bagian tumbuh
– tumbuhan melalui pemanfaatan lingkungan, yang melibatkan seluruh sensori
pada anak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (Classroom
Action Research) yang dilakukan dalam bentuk berkolaborasi dengan guru kelas.
Subjek peneliti adalah dua orang tunagrahita ringan di kelas D III C SLB Fan
Redha Padang.
Hasil penelitian pada siklus I dengan menggunakan lingkungan sekitar
sekolah dalam meningkatkan pemahaman struktur tumbuhan ( daun ) anak X
tunagrahita ringan menunjukkan peningkatan pada siklus ini anak bisa melakukan
53,84 % dari deskriptor yang diujikan dengan benar. Pada siklus II dengan
pemanfaatan lingkungan lebih dioptimalkan terjadi peningkatan dari siklus I yaitu
anak bisa melakukan 92,94% dari deskriptor yang diujikan dengan benar. anak Y
tunagrahita ringan menunjukkan peningkatan pada siklus ini anak bisa melakukan
53,84 % dari deskriptor yang diujikan dengan benar. Pada siklus II dengan
pemanfaatan lingkungan lebih dioptimalkan terjadi peningkatan dari siklus I yaitu
anak bisa melakukan 84,61% dari deskriptor yang diujikan dengan benar.
Berdasarkan hasil penelitian maka pertanyaan penelitian terjawab bahwa
penggunaan pemanfaatan lingkungan dapat meningkatkan pemahaman struktur
tumbuh- tumbuhan bagi anak tunagrahita ringan pada pelajaran IPA di SLB Fan
Redha Padang. Sesuai hasil penelitian yang diperoleh, maka disarankan kepada
kepala sekolah, dan guru untuk dapat memanfaatkan lingkungan sekolah dalam
pokok bahasan IPA berikutnya dan untuk pelajaran lain yang dapat
mengembangkan pengetahuan dan pemahamanan anak terhadap lingkungan alam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 19 Sep 2025 01:50 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 02:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24813 |