Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang

Putri, Isev Adria (2011) Penggunaan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V SDN 09 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ISEV_ADRIA_PUTRI_90768_3429_2011.pdf] Text
final_B1_ISEV_ADRIA_PUTRI_90768_3429_2011.pdf

Download (159kB)

Abstract

Permasalahan yang dihadapi adalah pembelajaran IPA di kelas V masih dilaksanakan secara konvensional. Pembelajaran masih berpusat pada guru sementara siswa hanya menerima informasi dari guru. Menyikapi kenyataan di atas, perlu diadakan penelitian tindakan kelas (PTK). PTK bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di suatu kelas, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas tersebut. Dalam hal ini metode pembelajaran Inkuiri merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dan efesien untuk dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Proses penelitian ini merupakan proses daur ulang atau siklus yang dimulai dari aspek mengembangkan perencanaan, melakukan tindakan sesuai rencana, melakukan pengamatan terhadap tindakan dan melakukan refleksi atau perenungan terhadap perencanaan, kegiatan tindakan, dan kesuksesan hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus, dimana siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), aktifitas guru, aktifitas siswa dan hasil belajar. Peningkatan penilaian RPP pada siklus I 71% (baik) meningkat menjadi 89% (sangat baik) pada siklus II. Penilaian aktifitas guru pada siklus I 75% (baik) meningkat menjadi 87% (sangat baik) pada siklus II. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I 70% (baik) meningkat menjadi 83% (sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar IPA pada siklus I untuk aspek kognitif diperoleh nilai rata-rata 69 (cukup) meningkat menjadi 93 (sangat baik) pada siklus II. Untuk aspek afektif pada siklus I diperoleh rata-rata 72,25 (baik) meningkat menjadi 82 (sangat baik) pada siklus II. Untuk aspek pskomotor pada siklus I diperoleh rata-rata 76 (baik) meningkat menjadi 84 (sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA di kelas V SD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Inkuiri, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:49
Last Modified: 19 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24807

Actions (login required)

View Item
View Item