Hubungan aktivitas belajar dengan Hasil Belajar Larutan Elektrolit dan Non elektrolit Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Safitri, Isella Leo (2011) Hubungan aktivitas belajar dengan Hasil Belajar Larutan Elektrolit dan Non elektrolit Siswa Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ISELLA LEO SAFITRI_73249_2011.pdf] Text
final_B1_ISELLA LEO SAFITRI_73249_2011.pdf

Download (426kB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) atau dengan kata lain kualitas SDM dipengaruhi oleh kualitas pendidikan. Jika kualitas pendidikan baik maka kulitas SDM juga baik. Salah satu kualitas pendidikan terlihat dari masih rendahnya hasil belajar siswa. Belajar merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan dengan serangkaian aktivitas misalnya dengan membaca, mengamati, mendengarkan, meniru dan lain sebagainya. Jadi kegiatan belajar tidak dapat terjadi apabila tidak adanya aktivitas belajar. Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang dilakukan adalah penyebaran angket. Penelitian ini bertujuan secara umum untuk mengetahui seberapa tinggi korelasi antara aktivitas belajar dengan hasil belajar kimia materi pokok larutan elektrolit dan non elektrolit siswa SMA Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah cross-sectional, di mana variabel bebas dan variabel terikat diteliti pada waktu yang bersamaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dan angket aktivitas belajar, dengan melibatkan 3 Variabel yaitu Variabel bebas adalah aktivitas belajar siswa, variabel terikat adalah hasil belajar dan variabel moderator adalah jenis kelamin dan posisi/urutan anak dalam keluarga. Dari analisis data hasil belajar kognitif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa = 10,67 untuk rata rata angket aktivitas belajar = 65,29). Pengujian hipotesis dilakukan dengan mengkonsultasikan harga r i XY hitung terhadap harga r dengan db = N – 2 (α = 0,05. Hasil analisis menunjukkan r hitung =0,36 dan r tabel tabel = 0,28 ( r > r tabel ) , maka H o ditolak dan H diterima, artinya terdapat korelasi positif yang signifikan antara aktivitas belajar dengan hasil belajar larutan elektrolit dan non elektrolit siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Melalui uji t yang dilakukan pada taraf nyata 0,05 diperoleh t a hitung = 3,17 dan t tabel = 1,68 (t hitung > t ) baik pada α = 0,01 maupun α = 0,05, maka korelasi signifikan. Untuk uji F dari analisis varians menunjukan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar dan jenis kelamin siswa dan tidak terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa ditinjau dari aktivitas belajar dan posisi anak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Larutan Elektrolit, Non elektrolit
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 19 Sep 2025 01:49
Last Modified: 19 Sep 2025 01:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24806

Actions (login required)

View Item
View Item