Ade, Is Putri (2009) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTsN Dangung-Dangung Kabupaten 50 Kota . Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IS PUTRI ADE 63693-09.pdf [thumbnail of final_B1_IS PUTRI ADE 63693-09.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IS PUTRI ADE 63693-09.pdf
Download (150kB)
Abstract
Keberhasilan proses belajar mengajar sangat ditentukan oleh kemampuan guru mengajar. Oleh sebab itu guru harus mampu mengajak dan menimbulkan motivasi siswa untuk melakukan proses belajar mengajar Salah satu yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan proses belajar mengajar itu adalah dengan mengadakan variasi dalam proses pembelajaran seperti Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas VII MTsN Dangung-Dangung Kabupaten 50 Kota. Penelitian ini termasuk penelitian Quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian Post Test Control Group Design. Populasinya adalah siswa kelas VII MTsN Dangung-Dangung Kabupaten 50 Kota Tahun Pelajaran 2008/2009 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah murid 201 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 sebagai kelas Eksperimen dan VII sebagai kelas Kontrol. Data yang diambil merupakan data primer berupa skor nilai hasil tes akhir yang berasal dari siswa kelas sample. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t. 3 Untuk melihat hasil belajar siswa yang melalui penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan LKS digunakan uji-t dengan kriteria jika t hitung > dari t tabel hipotesa diterima, dan jika t hitung < dari t tabel hipotesa ditolak. Dari analisis data diperoleh t hitung = 2,852 dan t tabel = 2,00. Berarti harga t hitung > dari t tabel maka hipotesa kerja (H1) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dan LKS dalam proses belajar mengajar dapat menpengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTsN Dangung-Dangung Kabupaten Lima Puluh Kota, Dalam mata pelajaran Biologi terutama pada topik Kepadatan Populasi Manusia.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning, Group Investigation dan LKS Terhadap Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24793 |