Nofriga, Syarprio (2012) Hubungan Persepsi Siswa Memasuki Dunia Kerja Terhadap Hasil Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SYARPRIO NOFRIGA_1108100_2012_4718.pdf [thumbnail of final_B1_8_SYARPRIO NOFRIGA_1108100_2012_4718.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SYARPRIO NOFRIGA_1108100_2012_4718.pdf
Download (593kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa masih banyaknya
nilai hasil Prakerin siswa yang belum memuaskan, hanya 25 % saja nilai siswa
yang berada di atas KKM. Padahal fasilitas yang di berikan pihak sekolah kepada
siswa sudah sangat baik. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor diantaranya
persepsi siswa memasuki dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
sejauh mana hubunggan persepsi siswa memasuki dunia kerja terhadap hasil
pelaksanaan praktek kerja industri siswa kelas XI jurusan teknik Mesin di SMK
Negeri 2 Payakumbuh.
Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif koresional. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI tahun 2011/2012 yang berjumlah 135
orang di SMKN 2 Payakumbuh. Sampel diambil sebanyak 25% dari populasi
dengan menggunakan teknik proporsi sampling sehingga didapatkan sampel
sebanyak 34 orang siswa. Data diambil dari nilai prakerin siswa dan alat
pengumpul data yang digunakan berupa angket model skala Likert yang telah
diuji validitas dan reliabelitasnya. Data yang dikumpul tersebut dianalisis secara
statistik dengan bantuan komputer program SPSS versi 15:00 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: terdapatnya hubungan
antara persepsi siswa memasuki dunia kerja terhadap hasil praktek kerja industri
di SMK Negeri 2 Payakumbuh, hal ini bisa dilihat pada koefisien korelasi sebesar
0.338 dan juga dapat dilihat pada Tabel r pada lampiran 8 sebesar 0,29. Karena r
hitung > dari r tabel 0,291,maka terdapatnya hubungan yang signifikan dan dapat
diterima pada taraf kepercayaan 95%. Besar hubunganya adalah 11,14%. Hal ini
menunjukan persepsi siswa memasuki dunia kerja berpengaruh terhadap
pelaksanaan praktek kerja industri. Oleh karena itu diperlukan peningkatan dan
pembinaan yang baik terhadap faktor itu, agar pelaksanaan praktek kerja industri
meningkat dan menjadi lebih baik. Dalam ini menunjukan semakin tinggi persepsi
siswa memasuki dunia kerja maka akan meningkatkan hasil praktek kerja industri
siswa tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:29 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24788 |