The Problems Faced by The English Department Grammar Lecturers in Teaching English Tenses and Aspects

Silvia, Rani (2010) The Problems Faced by The English Department Grammar Lecturers in Teaching English Tenses and Aspects. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RANI_SILVIA_64053_69_2011.pdf] Text
final_B1_RANI_SILVIA_64053_69_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan terhadap dosen-dosen atau tim pengajar Structure di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh dosen-dosen tersebut dalam mengajarkan tense dan aspect Bahasa Inggris kepada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Structure di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen yang pernah mengajar mata kuliah Structure di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Padang. Sedangkan sample penelitiannya adalah dosen-dosen atau tim pengajar Structure yang mengajarkan mata kuliah ini pada semester ganjil tahun akademik 2009/2010. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik total sampling. Penelitian yang bersifat kualitatif dan kuantitatif ini menggunakan kuesioner dan wawancara sebagai instrumen penelitian. Kuesioner dan wawancara dikembangkan berdasarkan pertanyaan penelitian. Pengolahan data yang didapat dari hasil kuesioner dan wawancara pun dikaitkan dengan teori yang berhubungan dengan masalah pengajaran tenses and aspects Bahasa Inggris di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di Universitas Negeri Padang. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa masalah yang berkaitan dengan pengajaran tense dan aspect bahasa Inggris. Dari sudut pandang dosen itu sendiri, ditemukan bahwa sebagian kecil dosen belum begitu memahami perbedaan antara tense dan aspect. Mereka cenderung menyamakan antara tense dan aspect. Dalam pengajaran pun mereka tidak banyak menjelaskan perbedaan dan hubungan antara tense dan aspect dalam tatabahasa bahasa Inggris. Dari sisi kurikulum dan silabus pengajaran, ditemukan bahwa kurikulum dan silabus tidak menuntut adanya pengajaran tentang tense dan aspect secara parsial. Kurikulum dan silabus hanya memuat materi ajar dalam ruang lingkup tense saja. Kedua hal ini semestinya harus dipisahkan dalam penjelasannya walaupun pada pemakaiannya tense dan aspect hampir selalu beriringan. Dari sisi bahan ajar pun juga demikian. Buku-buku dan bahan ajar lain yang digunakan dalam mata kuliah Structure tidak membedakan dan menjelaskan hubungan antara tense dan aspect Dalam penelitian ini ditinjau pula permasalahan pengajaran tense dan aspect ditinjau dari jenis tense dan aspect yang dianggap sering menyulitkan dosen untuk dijelaskan. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa adanya beberapa tense dan aspect yang cukup sulit dijelaskan kepada mahasiswa yaitu berupa gabungan antara satu tense dan beberapa aspect. Dalam hal ini dosen pengajar Structure pun mengalami kesulitan dan masalah apabila harus menjelaskannya dalam padanan bahasa Indonesia yang pada dasarnya tidak memiliki tense dan aspect yang jelas dalam tatabahasanya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengerjaan Tense dan Aspect
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:29
Last Modified: 18 Sep 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24786

Actions (login required)

View Item
View Item