Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Sangkar Burung di TK Budi Utama Koto Tuo

Dewiza, Rika (2011) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Permainan Sangkar Burung di TK Budi Utama Koto Tuo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_RIKA_DWEIZA_10074_2011.pdf] Text
final_B1_RIKA_DWEIZA_10074_2011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berhitung anak dalam proses bermain sambil belajar, selama ini belum banyak yang dirangsang secara optimal sehingga kemampuan anak masih rendah. Rendahnya kemampuan berhitung ini mempengaruhi harapan belajar kita pada anak usia dini yang dalam masa emasnya. Hal ini disebabkan alat permainan kurang menarik dan kurang tersedia. Dalam membantu kemampuan berhitung anak dapat dilakukan dengan menggunakan alat permainan sangkar burung. Permainan sangkar burung ini dilaksanakan pada PAUD di TK Budi Utama diduga dapat membantu dan meningkatkan kemampuan berhitung anak. Penelitian ini bertujuan ingin mengambarkan penggunaan alat permainan sangkar burung dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam mengelompokkan gambar menurut jenis, menyebutkan urutan bilangan, mengenal bilangan dengan benda, menyebutkan hasil penambahan dan pengurangan dengan benda. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan ya subjek penelitiannya adalah anak TK Budi Utama Koto Tuo tahun ajaran 2010/2011 di kelompok B yang berjumlah 22 orang anak. Pengumpulan data menggunakan format observasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi. Dalam hasil penelitian ini bahwa permainan sangkar burung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak, pada kondisi awal kemampuan berhitung anak hanya tercapai 23%, setelah dilakukan peningkatan kemampuan berhitung anak pada siklusI dengan persentase 59%, dan meningkat pada siklus II dengan persentase 89% sehingga media sangkar burung dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Budi Utama Koto Tuo Ampek Angkek. Sejalan dengan temuan penelitian ini peneliti menyarankan bagi para pendidik di PAUD, supaya aspek dapat dikembangkan dengan baik sesuai indikator perkembangan kognitif anak,maka sebaiknya dalam melakukan pembelajaran disarankan agar mengunakan alat permainan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung anak,Permainan sangkar burung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:28
Last Modified: 18 Sep 2025 07:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24782

Actions (login required)

View Item
View Item