Hayati, Syafrida (2012) Perbandingan Hasil Belajar siswa dengan Metode Eksperimen yang dilakukan di Awal dan di Akhir Pembelajaran Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_8_SYAFRIDAD HAQYATI_84644.pdf [thumbnail of final_B1_8_SYAFRIDAD HAQYATI_84644.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_8_SYAFRIDAD HAQYATI_84644.pdf
Download (396kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan
kurangnya keterlibatan siswa dalam menemukan konsep kimia. Salah satu metode
pembelajaran yang menekankan kepada proses siswa menemukan konsep materi
yang dipelajari adalah metode eksperimen yang dilakukan di awal pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode eksperimen yang dilakukan di awal pembelajaran dengan di
akhir pembelajaran pada materi kelarutan dan hasilkali kelarutan di kelas XI
SMAN 1 Lembah Melintang. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar siswa
dengan metode eksperimen di awal pembelajaran lebih tinggi secara signifikan
dibandingkan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen di akhir
pembelajaran materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di SMA. Jenis penelitian
ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control
group only desaign”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA
semester genap tahun 2011/2012 di SMA Negeri 1 Lembah Melintang.
Pengambilan sampel diambil dengan menggunakan teknik Random Sampling,
sehingga kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen I dan kelas XI IPA 2 sebagai
kelas eksperimen II. Data hasil penelitian penelitian yang diperoleh dari kedua
kelas sampel menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen I lebih
tinggi dari pada kelas eksperimen II. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat
disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan metode eksperimen yang dilakukan
di awal pembelajaran lebih tinggi secara signifikan dari pada hasil belajar siswa
dengan metode eksperimen yang dilakukan di akhir pembelajaran materi kelarutan
dan hasilkali kelarutan di SMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE EKSPERIMEN-HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24780 |