The Effect of Using Time Tokens Method toward Grade VIII Students’ Participation in Learning Reading at SMP N 5 Padang Panjang

Fortuna, Lisa Ayu (2014) The Effect of Using Time Tokens Method toward Grade VIII Students’ Participation in Learning Reading at SMP N 5 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LISA_AYU_FORTUNA_12268_1581_2014.pdf] Text
final_B1_LISA_AYU_FORTUNA_12268_1581_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Partisipasi dan kontribusi siswa di dalam kegiatan pembelajaran sangatlah penting agar tujuan pembelajaran tercapai dan rencana program pembelajaran (RPP) bisa berjalan dengan efektif. Namun, peneliti menemukan beberapa masalah yang berhubungan dengan kurang atau sedikitnya siswa yang berpartisipasi di dalam proses pebelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam reading skill. Beberapa faktor yang menyebabkan sedikitnya siswa berpartisipasi di dalam pembelajaran reading adalah: 1) terdapat beberapa siswa yang pasif atau malu untuk mengungkapkan ide, pemikiran, atau menjawab pertanyaan, 2) terdapat siswa yang tidak mau untuk berpartisipasi, 3) terdapat beberapa siswa yang mendominasi interaksi ketika kegiatan pembelajaran, dan 4) guru yang terkadang tidak bisa memberikan kesempatan yang adil kepada semua siswa untuk berpartisipasi. Tujuan dari penelitian eksperimen ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Time Tokens terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran reading di dalam mata pelajaran Bahasa Inggris. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 5 Padang Panjang. Setelah dilakukan teknik cluster random sampling, maka ditetapkan kelas VIII-6 dan VIII-7 sebagai kelas sampel, dimana kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol. Metode Time tokens diaplikasikan dalam pembelajaran reading pada teks monolog: teks descriptive dan recount. Data didapatkan dari penilaian partisipasi siswa setiap kali menggunakan “talking-cards” selama tujuh kali pertemuan. Nilai rata-rata dari tujuh kali pertemuan tersebut dijadikan sebagai nilai post-test. Selanjutnya post-test yang telah dianalisa dibandingkan dengan t-table pada level significant 0.05. Dari perhitungan data tersebut, diperoleh hasil bahwa t-obtained pada post-test siswa kelas eksperimen adalah 8.83. Berdasarkan hasil analisa tersebut, ditemukan bahwa t-obtained pada post-test (8.83) > t-table (2.45). Hal ini menunjukkan bahwa metode Time tokens memiliki pengaruh terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran reading (membaca) pada mata pelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PARTISIPASIS SISWA, METODE TIME TOKENS, PEMBELAJARAN READING
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:26
Last Modified: 18 Sep 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24771

Actions (login required)

View Item
View Item