Haflesia, Haflesia (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Nagari Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAFLESIA-77452-2011.pdf [thumbnail of final_B1_HAFLESIA-77452-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAFLESIA-77452-2011.pdf
Download (2MB)
Abstract
Hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Nagari belum
mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan diduga kegiatan
pembelajaran kurang menuntut aktivitas siswa. Oleh karena itu salah satu cara
untuk dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran adalah
dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together
(NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran
kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1
Ampek Nagari Kabupaten Agam Tahun Pelajaran 2010/2011.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
penelitian Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Nagari tahun
pelajaran 2010/2011 yang sudah terkelompok menjadi 3 kelas. Sampel
penelitiannya adalah VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas
kontrol. Instrumen penelitian berupa tes objektif sebanyak 40 butir soal. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji-t.
Dari hasil penelitian didapatkan pada kelas eksperimen yang diterapkan
pembelajaran NHT memiliki rata-rata lebih tinggi yaitu 68,39 dibandingkan kelas
kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional yaitu 61,37. Dari analisis data
dengan uji-t pada taraf nyata α = 0,05 didapatkan thitung (2,32) > ttabel (1,67), maka
sesuai dengan kriteria hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT mempunyai pengaruh berarti terhadap
hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampek Nagari Kabupaten
Agam Tahun Pelajaran 2010/2011.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:26 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24769 |