Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Amanat Pembina Upacara Bendera di SMP Negeri 24 Padang

Ahda, Hafizul (2009) Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Amanat Pembina Upacara Bendera di SMP Negeri 24 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAFIZUL AHDA 63923-05-09.pdf] Text
final_B1_HAFIZUL AHDA 63923-05-09.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan bahasa yang
efektif dalam penyampaian wacana lisan. Hal demikian dimaksudkan agar wacana
lisan tersebut dapat dipahami dan diaplikasikan oleh pendengar sesuai dengan
gagasan yang disampaikan oleh penutur.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
penggunaan bahasa dalam amanat pembina upacara di SMP Negeri 24 Padang
melalui unsur bahasa pengucapan fonem, diksi, dan kalimat efektif.
Objek penelitian ini adalah amanat pembina upacara bendera di SMP
Negeri 24 Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan merekam dua
penyampaian amanat pembina upacara yang kemudian ditranskripsi. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan penganalisisan data
dilakukan secara deskriptif dengan teknik content analysis atau kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rincian sejumlah temuan
ketidakefektifan penggunaan bahasa dalam penyampaian amanat pembina upacara
bendera di SMP Negeri 24 Padang pada umumnya disebabkan oleh diksi yang
tidak tepat. Hal ini ditandai dengan temuan diksi yang tidak tapat tersebut yang
paling sering dijumpai dalam analisis data. Setelah itu disusul dengan beberapa
temuan pengucapan fonem yang tidak efektif. Pengucapan fonem yang tidak
efektif itu mengakibatkan kata-kata yang disampaikan menjadi tidak baku.
Kemudian dalam kategori penilaian kalimat efektif yang paling dominan
ditemukan adalah ketidakringkasan kalimat.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan kepada dua
subjek pengguna bahasa. Pertama, ditujukan kepada para pembina upacara agar
senantiasa memerhatikan kaidah penggunaan bahasa dalam pengucapan fonem,
diksi, dan kalimat efektif. Kedua, kepada para siswa calon pemimpin masa depan
yang akan berbicara di depan khalayak ramai. Penggunaan bahasa yang baik dan
benar dapat diajarkan dengan materi bidang studi bahasa Indonesia yang
difokuskan pada tiga kemampuan, yakni kognisi, afektif, dan psikomotorik.
Tujuannya agar terjadi keseimbangan antara teori dan praktik berbahasa yang
nantinya dapat diaplikasikan baik dalam dalam wacana tulis maupun lisan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:26
Last Modified: 18 Sep 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item
View Item