Persepsi Siswa Terhadap Penilaian Hasil Belajar yang Dilakukan Guru PKn di MTsN Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat

Safitri, Hafizah Janni (2011) Persepsi Siswa Terhadap Penilaian Hasil Belajar yang Dilakukan Guru PKn di MTsN Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAFIZAH-JANNI_SAFITRI_73643_4932_2011.pdf] Text
final_B1_HAFIZAH-JANNI_SAFITRI_73643_4932_2011.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap
penilaian hasil belajar yang dilakukan guru PKn di MTsN Ujung-Gading
kecamatan lembah-melintang Pasaman Barat di lihat dari aspek-aspek penilaian,
teknik penilaian dan pelaksanaan penilaian.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat deskriptif yang bertujuan
untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap penilaian hasil belajar
yang dilakukan guru PKn di MTsN Ujung-Gading kecamatan lembah-melintang
Pasaman Barat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 662
orang. Sedangkan sampel penelitian diambil 99 orang melalui penarikan sampel
dengan rumus 15% dari 662 orang dengan pengambilan sampel menggunakan
teknik stratified random sampling. Data diambil dari alat pengumpulan data yang
digunakan berupa angket model skala likert yang telah diuji valid dan realibilitas
dengan menyebarkan kepada siswa. Data yang terkumpul tersebut dianalisis
secara statistik dengan bantuan program SPSS (statistic product service solution)
versi 17.00 for window, setelah itu di deskripsikan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa persepsi siswa mengenai
penilaian hasil belajar yang dilakukan guru PKn di MTsN Ujung-Gading
kecamatan lembah-melintang Pasaman Barat dengan skor rata-rata asek-aspek
penilaian 2,64 berada dalam kategori cukup, teknik dan instrumen penilaian
dengan skor rata-rata 2,51 berada dalam kategori jelek, dan pelaksanaan penilaian
dengan skor rata-rata 2,63 berada dalam kategori cukup. Untuk itu diharapkan
bagi guru PKn untuk lebih memahami dan menyadari pentingnya penilaian hasil
belajar dalam memahami kemajuan dan perkembangan siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:26
Last Modified: 18 Sep 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24767

Actions (login required)

View Item
View Item