Persepsi Anak tentang Perlakuan Orangtua dalam Menunjang Kegiatan Belajar di SDN 27 Sijunjung

Selvia, Mega (2019) Persepsi Anak tentang Perlakuan Orangtua dalam Menunjang Kegiatan Belajar di SDN 27 Sijunjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MEGA_SELVIA_15006067_4247_2019      .pdf] Text
B1_05_MEGA_SELVIA_15006067_4247_2019 .pdf

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan belajar merupakan aktivitas yang dilakukan siswa dalam
mencapai tujuan belajar. Dalam menunjang kegiatan belajar anak orangtua
harus mampu memberikan perlakuan yang efektif kepada anak, agar anak
memperoleh hasil belajar yang optimal. Kegiatan belajar anak yang efektif
akan berpengaruh langsung terhadap hasil belajar anak. Kenyataan di lapangan
masih ada orangtua yang belum sepenuhnya memberikan perlakuan yang
efektif dalam menunjang kegiatan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan persepsi anak tentang perlakuan orangtua dalam menunjang
kegiatan belajar, antara lain berupa: (1) perlakuan orangtua dalam memenuhi
kebutuhan dasar anak, (2) perlakuan orangtua dalam membimbing anak, (3)
perlakuan orangtua dalam mendidik anak.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek
dalam penelitian yaitu keseluruhan siswa kelas IV, V, dan VI SDN 27
Sijunjung berjumlah 75 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa
instrumen (angket) dan analisis data menggunakan metode deskriptif.
Temuan penelitian mengungkapkan secara keseluruhan persepsi anak
tentang perlakuan orangtua dalam menunjang kegiatan belajar tergolong baik.
Secara rinci: persepsi anak tentang perlakuan orangtua dalam memenuhi
kebutuhan dasar, membimbing, dan mendidik anak, tergolong pada kategori
baik. Beradasarkan hasil uji anava, tidak terdapat perbedaan antara jenis
kelamin laki-laki dan perempuan dalam mempersepsi perlakuan orangtua,
berdasarkan tingkatan kelas terdapat perbedaan antara kelas IV dan VI dalam
mempersepsi perlakuan orangtua, sedangkan antara kelas IV dan V tidak
berbeda secara signifikan, begitu juga antara kelas V dan VI tidak berbeda secara signifikan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:26
Last Modified: 18 Sep 2025 07:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24766

Actions (login required)

View Item
View Item