Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Padang.

Sari, Mega Oktiva (2015) Pengaruh Penerapan LKS Berorientasi Model Pembelajaran Generatif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 8 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_05_MEGA_OKVITA_SARI_05070_2748_2016.pdf] Text
B1_05_MEGA_OKVITA_SARI_05070_2748_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa umumnya siswa kurang aktif dan
dalam menyelesaikan permasalahan pada mata pelajaran fisika. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan LKS berorientasi model
pembelajaran generatif terhadap hasil belajar fisika kelas X SMAN 8 Padang.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan jenis
rancangan randomized control group only design. Populasi adalah siswa kelas X
SMAN 8 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan
sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel adalah kelas
sebagai kelas kontrol dan kelas sebagai kelas eksperimen. Data penelitian
adalah hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen
penelitian adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan rubrik penskoran. Data
dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil belajar rata-rata pada ranah
kognitif adalah 80,23 untuk kelas eksperimen dan 75,68 untuk kelas kontrol. Pada
ranah afektif adalah 82,17 untuk kelas eksperimen dan 81,04 untuk kelas kontrol.
Selanjutnya pada ranah psikomotor diperoleh 77,93 untuk kelas eksperimen dan
75,11 untuk kelas kontrol. Setelah dilakukan uji t terhadap kedua kelompok
sampel pada ranah kognitif didapatkan thitung = 1,86 lebih besar dari ttabel = 1,67.
Pada ranah afektif didapatkan thitung = 2,74 lebih besar dari ttabel = 1,67 dan. pada
ranah psikomotor didapatkan thitung = 1,68 lebih besar dari ttabel = 1,67.
Kesimpulan penelitian adalah hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang
berarti model pembelajaran generatif menggunakan LKS berorientasi terhadap
hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 8 Padang dapat diterima pada taraf nyata 0,05

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Fisika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:25
Last Modified: 18 Sep 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24765

Actions (login required)

View Item
View Item