Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA N 1 Ranah Batahan

Putri, Hafizah (2011) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bermain Jawaban Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA N 1 Ranah Batahan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_HAFIZAH_PUTRI_68078_4799_2011.pdf] Text
final_B1_HAFIZAH_PUTRI_68078_4799_2011.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan siswa
menginterpretasikan fakta sejarah, ini disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya
proses pembelajan sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang
menjadikan peserta didik hanya mampu mengingat. Padahal salah satu tujuan
pembelajaran sejarah adalah untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik
dalam memahami fakta sejarah secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Bermain Jawaban terhadap
hasil belajar sejarah siswa SMA N 1 Ranah Batahan. Manfaat penelitian ini adalah
untuk memberikan masukan bagi guru sejarah dalam menggunakan model
pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa dan
kemampuan siswa dalam memahami materi sejarah. Hipotesis dalam penelitian ini
adalah Ho ditolak yang berarti model bermain jawaban berpengaruh pada proses
pembelajaran di kelas XI IPS SMA N 1 Ranah Batahan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dimana data diperoleh
melalui eksperimen langsung pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ranah Batahan
yang jumlah siswanya 64 orang yang terbagi dalam dua kelas. Pemilihan sampel
dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random Kelompok dengan asumsi bahwa
setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama.
Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas,untuk kelas eksperimen dan
kontrol. Penelitian ini menggunakan teori Pemrosesan informasi. Inti dari teori ini
adalah proses berpikir/ thinking.
Setelah dilakukan penelitian dan analisis data di dapat bahwa pencapaian
kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari nilai ratarata
kelas eksperimen 69.17 dan kelas kontrol 50.68. Dari perhitungan uji t diperoleh
harga thitung 3.38 dan ttabel 1,68, maka thitung > ttabel.
Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran Bermain Jawaban berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa dalam menginterpretasikan fakta materi pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA
Negeri 1 Ranah Batahan. Model pembelajaran bermain jawaban juga dapat
diterapkan untuk berbagai materi pelajaran sejarah. Hal ini disebabkan karena pada
model pembelajaran bermain jawaban selalu diawali dengan pertanyaan untuk
menginterpretasikan fakta sejarah

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:25
Last Modified: 18 Sep 2025 07:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24764

Actions (login required)

View Item
View Item