Delyana, Hafizah (2011) Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Padang Tahun Pelajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_HAFIZAH_DELYANA_83893_4273_2011.pdf [thumbnail of final_B1_HAFIZAH_DELYANA_83893_4273_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_HAFIZAH_DELYANA_83893_4273_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah khususnya dalam pelajaran matematika
sangat diperlukan oleh siswa untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa tingginya hasil
belajar matematika siswa tidak diikuti dengan tingginya kemampuan pemecahan
masalah sehingga mereka mengalami kesulitan ketika menghadapi permasalahan
matematis. Guna mengatasi masalah tersebut diperlukan upaya dengan
menerapkan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa menjadi lebih baik dengan pendekatan open ended dan
mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah
menerapkan pendekatan open ended.
Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian pra-eksperimen dan
deskriptif dengan model rancangan penelitian pretest-posttest design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padang yang terdaftar
pada Tahun Ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
purposive sampling, sehingga terpilih kelas VII A sebagai kelas penelitian. Data
penelitian meliputi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebelum
dan setelah menerapkan pendekatan open ended dan bentuk-bentuk kemampuan
pemecahan masalah siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah
tes dan wawancara. Hasil tes dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan pemecahan
masalah siswa lebih baik setelah menerapkan pendekatan open ended. Hal ini
terlihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam memahami masalah dan
melaksanakan penyelesaian soal. Namun, siswa masih terkendala dalam membuat
rencana untuk menyelesaikan masalah dan memeriksa ulang jawaban yang
diperoleh. Hal ini disebabkan karena siswa menganggap hal tersebut hanya
menghabiskan waktu. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Padang
meningkat setelah diterapkan pendekatan open ended.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:25 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24762 |