Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang

Putri, Ilhami (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ILHAMI_PUTRI_90790_2011.pdf] Text
final_B1_ILHAMI_PUTRI_90790_2011.pdf

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih berpusat kepada guru. Guru hanya menjelaskan, bertanya jawab dan menyuruh siswa menghapal fakta-fakta yang ada sehingga siswa kurang mampu dalam mengeluarkan ide-idenya dan kurang terlatih untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, patisipatif, dan kolaboratif dan pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka nilai siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV Negeri 20 Alang Lawas Kota Padang yang berjumlah sebanyak 40 orang Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) persentase hasil nilai rata-rata pembelajaran siswa pada siklus I pertemuan I adalah 72,87% dan pertemuan II adalah 76,19% serta pada siklus II persentase hasil nilai rata-rata siswa pertemuan I adalah 88,37% dan pertemuan II adalah 90,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 20 Alang Lawas.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS,Pengamatan, Tes, Diskusi, Dokumentasi,Peningkatan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:20
Last Modified: 18 Sep 2025 07:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24740

Actions (login required)

View Item
View Item