Junaedi, Ilhami Laura (2011) Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VII SMP Kartika I-6 Padang”. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ILHAM_LAURA_JUNAEDI_79008_2011.pdf [thumbnail of final_B1_ILHAM_LAURA_JUNAEDI_79008_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ILHAM_LAURA_JUNAEDI_79008_2011.pdf
Download (508kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, kurangnya peran siswa dalam proses belajar mengajar dan didominasi oleh aktifitas guru. Kelas berfokus pada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan proses pembelajaran dengan pendekatan konvensional, sehingga hasil belajar tidak sesuai yang diharapkan. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakanlah peta pikiran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas dari penggunaan peta pikiran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VII SMP Kartika I-6 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang yang berjumlah 118 orang yang terdiri dari 3 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII i 1 dan VII masing-masingnya berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest). 3 Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 76,19 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 70,37. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,94 pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,00, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan peta pikiran efektif terhadap hasil belajar siswa serta dapat pula meningkatkan aktifitas belajar siswa secara mandiri pada mata pelajaran TIK dikelas VII Di SMP Kartika 1-6 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Siswa Kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:19 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24733 |