Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS di

Dani, Ilham (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Pendekatan Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS di. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_ILHAM_DANI_07475_2011.pdf] Text
final_B1_ILHAM_DANI_07475_2011.pdf

Download (319kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SD N 14 Bayang dan hasil wawancara terhadap guru di kelas IV SD N 14 Bayang, bahwa dalam pembelajaran IPS hasil belajar siswa masih rendah, hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang berminat mengikuti pelajaran. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran IPS melalui pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Pendekatan Konstruktivisme ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya semata-mata memberikan pengetahuan kepada siswa tapi siswa membangun pengetahuannya sendiri. Dalam pembelajaran siswa membangun sendiri pengetahuannya melalui keterlibatan aktif dalam pembelajaran dan siswa menjadi pusat kegiatan sedangkan guru hanya sebagai fasilitator. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD N 14 Bayang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa. Dari tes akhir tindakan siklus I rata-rata hasil belajar siswa 3,4, sedangkan pada tes akhir tindakan siklus rata-rata siswa yakni 7,9. Dari pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 14 Bayang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 18 Sep 2025 07:19
Last Modified: 18 Sep 2025 07:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24730

Actions (login required)

View Item
View Item