Sari, Linda Puspita (2011) Pengaruh Pemberian Penguatan (Reinforcement) Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VII di SMPN 2 Ranah Pesisir. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_LINDA_PUSPITA_SARI_07326_2011.pdf [thumbnail of final_B1_LINDA_PUSPITA_SARI_07326_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_LINDA_PUSPITA_SARI_07326_2011.pdf
Download (205kB)
Abstract
Melakukan proses pembelajaran perlu menggunakan beberapa ketrampilan mengajar. Salah satu yang cukup penting tapi sering luput dari perhatian adalah ketrampilan memberikan penguatan (reinforcement). Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah penggunaan penguatan (reinfrocement) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK di SMPN 2 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperimen. Desain penelitian adalah posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas VII SMP N 2 Ranah Pesisir. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling (teknik sampling bertujuan) yaitu siswa kelas VII . 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII. 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data teknik analisis menggunakan tes prestasi belajar dan teknik analisis data menggunakan rumus uji t (t-test). Berdasarkan data hasil uji normalitas yang diperoleh pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka diperoleh hasil Lhitung 0.1157. Jika dibandingkan dengan Ltabel serta N = 35 adalah 0.1497 pada taraf kepercayaan 95%. Maka L hitung lebih kecil dari Ltabel (0.1157<0.1497)..Sementara pada kelas kontrol diperoleh hasil Lhitung 0.1495 jika dibandingkan dengan Ltabel N = 35 adalah 0.1497 dengan taraf kepercayaan 95%, maka didapat L hitung lebih kecil dari Ltabel (0.1495<0.1497). Hasil perhitungan Chi Kuadrat hitung = 0.0064, sedangkan Chi Kuadrat tabel = 3.841. Jadi Chi kuadrat htung lebih kecil dari Chi Kuadrat tabel, yaitu 0.0064<3.841. Jadi dapat disimpulkan bahwa data berasal dari kelompok yang homogen. Berdasarkan hasil perhitungan t-hitung 4.53 dalam df 68 dan α 0.05, sedangkan t-tabel adalah 2.00. Hasil tersebut Ho ditolak dan H 1 diterima (4.53>2.00) dalam taraf kepercayaan 95%. Dengan demikian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pemberian penguatan terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VII di SMPN 2 Ranah Pesisir, dengan taraf kepercayaan 95%
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:16 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24718 |