Irmayulis, Irmayulis (2011) Peningkatan Hasil Belajar Luas Lingkaran dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas VI SD Negeri 07 Muaro Kalaban Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IRMAYULIS_09873_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IRMAYULIS_09873_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IRMAYULIS_09873_2011.pdf
Download (233kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 07 Muaro Kalaban, dalam mengajarkan matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Untuk itu peneliti tertarik untuk memperbaiki proses pembelajaran matematika khususnya pada kompetensi dasar menentukan luas lingkaran dengan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan CTL. Pendekatan CTL ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri, menemukan sendiri, bisa bertanya jawab, belajar kelompok, menggunakan pemodelan, melakukan refleksi, dan menggunakan penilaian yang autentik. Langkah-langkah pembelajaran CTL, yaitu: (1) mengembangkan pemikiran siswa, (2) melaksanakan kegiatan inkuiri, (3) mengembangkan sifat ingin tahu dengan bertanya, (4) bekerja kelompok, (5) melakukan refleksi, (6) menghadirkan model, dan (7) melaksanakan penilaian yang sebenarnya. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan penilaian hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan CTL pada pembelajaran luas lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan dengan cara bekerjasama antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes akhir pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD terteliti yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian siklus I pertemuan I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 60 dan pertemuan II nya 64 sedangkan tes akhir siklus II pertemuan I nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 81 dan pertemuan II nya sudah mencapai 84. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran luas lingkaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi luas lingkaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 07:16 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 07:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24716 |