Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 37 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang

Juliharti, Linda (2008) Penerapan Pendekatan STM dalam Pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 37 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LINDA JULIHARTI 81488-08.pdf] Text
final_B1_LINDA JULIHARTI 81488-08.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan IPA yang selama ini masih bersifat tekstual atau cenderung hafalan dan proses pembelajarannya lebih cenderung pada produk dibandingkan dengan proses dalam membuktikan atau menemukan sendiri konsep IPA. Di samping itu, pendidikan IPA selama ini kurang memacu siswa untuk mengembangkan teknologi, sehingga seakan-akan antara teknologi dan sains tidak saling berkaitan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pendekatan STM pada pembelajaran IPA yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) hasil belajar yaitu proses dan hasil. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, kumpulan catatan perbaikan, dan tes akhir. Sumber data adalah proses penerapan pendekatan STM dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 37 Alang Lawas Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 38 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak berikut. (1) bagi Kepala Sekolah hendaknya dapat motivasi dan membina guru-guru untuk menggunakan pendekatan STM dalam pembelajaran di sekolah dan dapat memantau proses pelaksanaannya, (2) bagi guru hendaknya pendekatan STM dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA dan yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, (3) bagi peneliti lain, yang merasa tertarik dengan pendekatan STM dapat melakukan penelitian dengan menggunakan materi yang lain, (4) untuk pembaca, dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang pendekatan STM.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 03:22
Last Modified: 18 Sep 2025 03:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item
View Item