Oktavia, Irma (2011) Hubungan Antara Pelaksanaan Bimbingan Karir Dengan Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja: Studi Terhadap Siswa Jurusan Boga SMK Negeri 2 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IRMA_OKTAVIA_88102_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IRMA_OKTAVIA_88102_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IRMA_OKTAVIA_88102_2011.pdf
Download (832kB)
Abstract
Pelaksanaan bimbingan karir di sekolah bertujuan untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan serta membekali diri siswa agar siap memangku jabatan dalam menyesuaikan diri dengan tuntutan lapangan pekerjaan. Dengan terlaksananya bimbingan karir diharapkan siswa memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja. Kenyataan sebagian siswa yang belum memiliki kesiapan untuk memasuki dunia kerja, di antaranya sikap ragu-ragu tentang kemampuan diri, keterampilan yang belum dikuasai, kecemasan dan takut tidak bisa bekerja dengan baik, kurangnya pengetahuan tentang dunia kerja yang nantinya akan dimasuki siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan antara pelaksanaan bimbingan karir dengan kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI dan XII Jurusan Boga yang jumlahnya 124 orang dan jumlah sampel sebanyak 55 siswa yang diambil dengan penggunaan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian terdiri dari 2 (dua) angket yaitu angket pelaksanaan bimbingan karir dan angket kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Data diolah dengan menggunakan program statistical product and service solution (SPSS) versi 15.00, serta dianalisis koefesien korelasi variabel dengan menggunakan rumus Product Moment Correlation Coefisien Karl Pearson. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa (1) pelaksanaan bimbingan karir oleh guru mata pelajaran tergolong pada kategori sangat baik (2) pelaksanaan bimbingan karir oleh guru BK/Konselor tergolong pada kategori sangat baik, (3) kesiapan siswa memasuki dunia kerja tergolong pada tingkat kategori baik, (4) terdapat hubungan yang signifikan pada α= 0,05 antara pelaksanaan bimbingan karir dengan kesiapan siswa memasuki dunia kerja. Berdasarkan hasil temuan penelitian disarankan kepada siswa agar dapat mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dari segi pengetahuan yang dimiliki tentang persyaratan memasuki kerja dan pengetahuan tentang metode memasuki kerja. Bagi guru BK/Konselor dan guru mata pelajaran agar dapat memprogramkan pelaksanaan bimbingan karir di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Bimbingan Karir, Kesiapan Siswa Memasuki Dunia Kerja |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:57 |
Last Modified: | 19 Sep 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24704 |