Afriani, Irma (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen melalui Strategi Sugestopedia Siswa Kelas X 7 SMAN 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IRMA_AFRIANI_86480_4811_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IRMA_AFRIANI_86480_4811_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IRMA_AFRIANI_86480_4811_2011.pdf
Download (247kB)
Abstract
Pembelajaran keterampilan menulis cerpen di Sekolah Menengah Atas mengalami kendala untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan selama ini. Berdasarkan informasi bahwa pembelajaran menulis cerpen yang dilaksanakan di kelas X Sekolah Menengah Atas belum optimal. Salah satu faktornya adalah penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat, guru kurang menguasai strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan Strategi Sugestopedia dalam pembelajaran menulis cerpen merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah pembelajaran menulis cerpen di Sekolah Menengah Atas. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan menulis cerpen melalui strategi sugestopedia terutama dalam mengisahkan alur, mendeskripsikan latar, dan menggambarkan penokohan dengan baik sebagai salah satu unsur intrinsik yang membangun sebuah cerpen dalam pembelajaran menulis cerpen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian ini meliputi: (1) studi pendahuluan, penyusunan rencana tindakan, (2) pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus. Peneliti bertindak sebagai penyaji/ praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas X 7 SMAN 7 Padang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Strategi Sugestopedia dalam pembelajaran menulis cerpen, efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari siklus I yaitu rata-rata nilai siswa 49,95 sedangkan pada siklus II rata-rata nilai siswa 76,80. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan Strategi Sugestopedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X 7 SMAN 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis Cerpen, Strategi Sugestopedia |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 02:57 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24699 |