Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Belajar Dari Beraneka Sumber Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ampang

Mardhatillah, Irham (2009) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Belajar Dari Beraneka Sumber Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Ampang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IRHAM_MARDHATILLAH_41911_03_09.pdf] Text
final_B1_IRHAM_MARDHATILLAH_41911_03_09.pdf

Download (222kB)

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupaka salah satu mata pelajaran yang penting peranannya bagi siswa dalam membentuk kepribadian yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, banyak siswa yang beranggapan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sulit dan sukar dipahami sehingga minat siswa untuk belajar Pendidikan Agama Islam rendah. Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam banyak guru yang menganggap bahwa siswa yang tidak mengerti mata pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan hal biasa. Padahal jika dilihat lebih dalam siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam memahami setiap mata pelajaran, guru harus memilih strategi belajar yang sesuai dengan perbedaan kemampuan siswa. Untuk mengetahui apakah strategi belajar berdasarkan sumber dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka harus ada usaha dari guru dan siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Diharapkan dengan strategi belajar berdasarkan sumber dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 01 ampang pada semester II Tahun ajaran 2008/2009 dengan jumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD 01 Ampang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas siswa dilihat dari jawaban kuesioner sebesar 68,6% dan melalui pengamatan sebesar 64,21%, setelah dilanjutkan ke siklus II aktivitas siswa dari jawaban kuesioner meningkat menjadi 88,96% sedangkan dari hasil pengamatan meningkat menjadi 88,47%. Dengan meningkatnya aktivitas siswa ternyata hasil belajar siswa juga meningkat dari 57,82% menjadi 88,97%. Jadi dengan menggunakan metode Resource Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas V SD 01 Ampang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Belajar dari beraneka sumber
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:18
Last Modified: 19 Sep 2025 10:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24692

Actions (login required)

View Item
View Item