Pengaruh Pendekatan Student Centered Learniang (SCL) melalui Metode Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang.

Irfandi, Irfandi (2011) Pengaruh Pendekatan Student Centered Learniang (SCL) melalui Metode Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IRFANDI_79038_2011.pdf] Text
final_B1_IRFANDI_79038_2011.pdf

Download (348kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Kartika 1-6 Padang, ditemukannya ketidakaktifan siswa selama proses pembelajaran. Hal ini di sebabkan karena pembelajaran di dalam kelas selalu berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa, salah satunya Metode Pembelajaran Discovery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Student Centered Learning (SCL) melalui Metode Pembelajaran Discovery terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang. Pendekatan penelitian kuantitatif ini bentuk quasy eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang yang berjumlah 161 orang yang terdiri dari 5 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VIII 2 dan VIII masing-masingnya berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dengan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). 3 Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 70,97 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 65,89. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,424 dan t-tabel 2,000 dalam taraf kepercayaan 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) melalui Metode Pembelajaran Discovery memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMP Kartika 1-6 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Student Centered Learniang (SCL), Metode Pembelajaran Discovery
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:18
Last Modified: 18 Sep 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24690

Actions (login required)

View Item
View Item