Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan Teknik Diskusi Kelompok

Febrian, Lina (2011) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan Teknik Diskusi Kelompok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LINA_FEBRIAN_83463_5168_2011.pdf] Text
final_B1_LINA_FEBRIAN_83463_5168_2011.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berbicara di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok belum terlaksana secara efektif.Siswa masih kesulitan dalam mengungkapkan gagasannya secara lisan dan pemahaman kosakata yang masih kurang.Hal ini terbukti dengan hasil uji kemampuan berbicara siswa yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis proses peningkatan kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan teknik diskusi kelompok. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII6 SMP Negeri 2 Kota Solok yang berjumlah 32 orang.Pengumpulan data penelitian melalui tes kemampuan berbicara, lembar observasi, catataan lapangan dan angket respon siswa terhadap pembelajaran berbicara dengan menggunakan teknik diskusi kelompok.Penganalisisan data dilakukan secara deskritif analisis sesuai dengan penerapan konsep penelitian tindakan kelas. Berdasarkan deskripsi data dan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok dengan teknik diskusi kelompok dari siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan.Hasil peningkatan tersebut adalah sebagai berikut.Pertama, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melafalkan dan menggunakan intonasi dalam berbicara dari kualifikasi cukup meningkat menjadi kualifikasi baik.Kedua, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam kosakata dan diksi dalam berbicara dari kualifikasi lebih dari cukup meningkat menjadi kualifikasi baik.Ketiga, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan struktur kalimat atau gramatika dalam berbicara dari kualifikasi cukup meningkat menjadi kualifikasi baik. Keempat, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai isi pembicaraan dari kualifikasi baik meningkat menjadi kualifikasi baik sekali.Kelima, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kelancaran siswa dalam berbicara, akan tetapi peningkatannya tidak terlalu signifikan yaitu tetap berada pada kualifikasi baik, hanya persentasenya yang berubah. Keenam, teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan menghargai pendapat orang lain dari kualifikasi cukup maningkat menjadi kualifikasi baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VIII6 SMP Negeri 2 kota Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN BERBICARA SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 18 Sep 2025 02:18
Last Modified: 18 Sep 2025 02:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24686

Actions (login required)

View Item
View Item