Fauzia, Ilda (2008) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan melalui Permainan Kartu Kalimat bagi Siswa Kelas I SD Negeri 22 Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_ILDA FAUZIA 81500-08.pdf [thumbnail of final_B1_ILDA FAUZIA 81500-08.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_ILDA FAUZIA 81500-08.pdf
Download (125kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 22 Lubuk Begalung, kemampuan membaca siswa kelas I SD masih rendah. Dalam pengajarannya guru tidak menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran sehingga siswa tidak tidak termotivasi dan tidak bersemangat dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui permainan kartu kalimat yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan yang terdiri dari tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca. Pendekatan yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan penelitian meliputi: (1) kegiatan prapenelitian yang terdiri dari studi pendahuluan , serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan pascapenelitian, penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru . Hasil penelitian siklus I ternyata tingkat keberhasilan dari proses pelaksanaan oleh guru 65 % dan hasil ketercapaian siswa 65 %. Hasil penelitian siklus II ternyata tingkat keberhasilan dari proses pelaksanaan oleh guru 87,5 % dan hasil ketercapaian siswa 83,3 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan kepada guru untuk dapat menggunakan permainan kartu kalimat dalam pembelajaran membaca permulaan bagi siswa kelas 1. Di samping itu, juga disarankan kepada guru untuk membuat rancangan pembelajaran yang jelas dan rinci sesuai dengan komponen-komponen perencanaan yang baik. Hal ini dimaksud agar pembelajaran dapat terlaksana dengan efisien dan efektif. Dalam merancang pembelajaran disarankan pertimbangkan kurikulum, kebutuhan siswa, dan minat siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran membaca permulaan,Permainan kartu kalimat |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 09:00 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 09:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24677 |