Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelas IV SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kiilangan Kota Padang

Maria N, Irene (2011) Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Bermain Peran Bagi Siswa Kelas IV SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kiilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IRENE_MARIA_N_90681_2011.pdf] Text
final_B1_IRENE_MARIA_N_90681_2011.pdf

Download (170kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang dengan peserta didik kelas IV, terungkap bahwa siswa belum terampil berbicara. Hal ini terlihat dari kurang percaya dirinya sswa dalam mengungkapkan pikiran, gagasan dan komentarterhadap suatu persoalan yang dibahas dalam pembelajaran. Selain itu siswa masih malu-malu, takut salah, dan tersendat-sendat bila berbicara di depan kelas, bahkan berkeringat dingin, berdiri kaku dan lupa segalanya bila dihadapkan berbicara dengan siswa lainnya. Fenomena di atas, mengundang penulis untuk meningkatkan pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bermain peran. Tujuannya agar peserta didik dapat berbicara dengan menggunakan lafal, kelancaran, pilihan kata, intonasi, dan ketepatan isi pesan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV SDN 06 Padang Besi Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan yang signifikan. Peserta didik telah dapat berbicara dalam bermain peran dan mengomentari pelaksanaan bermain peran dengan menggunakan lafal, kelancaran, pilihan kata, intonasi, dan ketepatan isi pesan dengan baik. Hasil penelitian siklus I berdasarkan pelaksanaan RPP adalah 96% dan hasil ketercapaian peserta didik adalah 75,62%. Hasil penelitian siklus II berdasarkan RPP adalah 100% dan ketercapaian peserta didk adalah 80,37%. Perbandingan perolehan hasil pembelajaran keterampilan berbicara sebelum tindakan adalah 69,57%, pada siklus I meningkat menjadi 75,62%, dan pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 80,37%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah keterampilan berbicara dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Saran penting yang perlu dipertimbangkan adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik guru perlu melakukan terobosan- terobosan baru yang inovatif.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Menggunakan Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 17 Sep 2025 09:00
Last Modified: 17 Sep 2025 09:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24671

Actions (login required)

View Item
View Item