Wahyudi, Ikhsan (2010) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VII MTsN Model Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IKHSAN_WAHYUDI_79003_5745_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IKHSAN_WAHYUDI_79003_5745_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IKHSAN_WAHYUDI_79003_5745_2011.pdf
Download (235kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa dalam menyampaikan materi pelajaran, guru lebih sering menggunakan model konvensional yakni proses pembelajaran yang selalu menggunakan metode yang sama secara terus menerus digunakan oleh guru, sehingga siswa pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran TIK. Untuk mengatasi hal itu maka digunakan model cooperative learning tipe kancing gemerincing dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan cooperative learning tipe kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VII MTsN Model Padang. Penelitian ini berbentuk kuantitatif dengan pendekatan quasy experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Model Padang yang berjumlah 350 orang yang terdiri dari 11 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling, yaitu kelas VII 7 sebagai kelas eksperimen dan VII sebagai kelas kontrol masing-masing berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpul data adalah lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative learning tipe kancing gemerincing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VII MTsN Model Padang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 78,39 dan kelompok kontrol 64,39. Kelompok eksperimen yang belajar dengan model cooperative learning tipe kancing gemerincing memperoleh nilai rata-rata “lebih tinggi” dibandingkan dengan kelompok kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Jadi penggunaan model 7 cooperative learning tipe kancing gemerincing pada proses belajar mata pelajaran TIK berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII i 7 5 MTsN Model Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning,ipe Kancing Gemerincing |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24664 |