Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas III MIS IPHI Kota Payakumbuh

Santosa, Ike (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD pada Siswa Kelas III MIS IPHI Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_IKE SANTOSA_52372_2012.pdf] Text
final_B1_IKE SANTOSA_52372_2012.pdf

Download (289kB)

Abstract

Pembalajaran membaca intensif pada siswa kelas III MIS IPHI Kota Payakumbuh yang dilaksanakan guru masih menggunakan pendekatan konvensional yaitu mengajar mengutamakan ceramah dan siswa sebagai pendengar saja. Guru hanya menjelaskan materi, meminta siswa membaca teks bacaan dan siswa tidak memahami isi bacaan karena siswa hanya disuruh membaca sekilas saja dan langsung menjawab pertanyaan. Sehingga bacaan tidak menarik bagi siswa, bosan dan kurang mampu bekerjasama secara baik saat belajar. Untuk itu peneliti tertarik memperbaiki proses pembelajaran membaca intensif dengan pendekatan Cooperative Learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca intensif pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil tes setiap tindakan. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran membaca intensif dengan pendekatan Cooperative Learning tipe STAD pada siswa kelas III MIS IPHI kota Payakumbuh. Subjek penelitian merupakan siswa kelas III MIS IPHI Kota Payakumbuh sebanyak 25 orang. Analisis data menggunakan analisis data kulitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Hasil yang dicapai dari 25 siswa selama belajar pada siklus I masih dikatergorikan belum sepenuhnya berhasil, karena terlihat pada penilaian akhir (hasil belajar) pada siklus I yaitu 63 dan pada siklus II penilaian akhir (hasil belajar) yang diperoleh yaitu 87. Pada siklus II hasil yang dicapai lebih baik pada sebelumnya, setelah dilakukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Cooperative Learning Tipe STAD dapat meingkatkan kemampuan membaca intensif di kelas III.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca Intensif,Cooperative Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Faldo Aldiasep
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:17
Last Modified: 17 Sep 2025 08:18
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24649

Actions (login required)

View Item
View Item