Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Permainan Pipa Berlobang di TK Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh

Masdar, Lily (2011) Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Permainan Pipa Berlobang di TK Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_LILY_MASDAR_4143_2011.pdf] Text
final_B1_LILY_MASDAR_4143_2011.pdf

Download (195kB)

Abstract

Kemandirian anak TK Islam Raudhatul Jannah kota Payakumbuh masih tergolong rendah. Karena itu dilakukanlah penelitian dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) agar pembelajaran lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak TK Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh melalui permainan Pipa Berlobang. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B.6 dengan jumlah 18 orang anak yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi selama pembelajaran berlangsung dan wawancara dengan anak yang selanjutnya dianalisis dengan teknik persentase. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil pada siklus I telah menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak dari 7% sebelum tindakan untuk nilai amat baik, naik menjadi 67% yang kemudian dilanjutkan pada siklus II dengan peningkatan kemampuan kemandirian rata-ratanya menjadi 87,75% yang artinya sudah melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan pipa berlobang dapat meningkatkan kemandirian anak. Peneliti menyarankan kepada pembaca agar skripsi ini dapat digunakan sebagai sumber ilmu pengetahuan guna menambah wawasan dalam meningkatkan kemandirian Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERMAINAN PIPA BERLOBANG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 17 Sep 2025 08:17
Last Modified: 17 Sep 2025 08:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24648

Actions (login required)

View Item
View Item