Anggraeni, Ika (2011) Pengembangan Handout Yang Dilengkapi dengan Konsep Utama Disertai Mind Map Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan untuk SMA Kelas XI Semester 1 Sesuai dengan Kurikulum KTSP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IKA ANGGRAENI-83991-2011.pdf [thumbnail of final_B1_IKA ANGGRAENI-83991-2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IKA ANGGRAENI-83991-2011.pdf
Download (1MB)
Abstract
Biologi merupakan pelajaran yang terdiri dari fakta, proses dan konsep. Konsep yang terdapat pada materi pelajaran cenderung dihafal oleh siswa tanpa memaknainya. Salah satu materi pelajaran biologi banyak berisi konsep adalah struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Untuk membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang terdapat dalam pelajaran biologi diperlukan bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat di gunakan adalah handout. Handout merupakan bahan tertulis yang disiapkan oleh guru untuk memperkaya pengetahuan siswa. Selain itu siswa juga sulit menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, sehingga perlu di bantu dengan mind map. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan handout yang dilengkapi dengan konsep utama disertai mind map pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan 4D models yang telah dimodifikasi dari 4 tahap menjadi 3 tahap yaitu, define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Tahap define terdiri dari analisis kurikulum KTSP dan analisis siswa. Pada tahap design dilakukan perancangan handout. Pada tahap develop dilakukan uji validitas oleh validator (3 orang dosen biologi dan 3 orang guru biologi SMA/MA) dan uji praktikalitas oleh guru biologi dan siswa kelas XII IPA SMA. Data ini dianalisis dengan analisis statistik deskriptif. Hasil uji validitas handout oleh validator menunjukkan bahwa handout ini valid ditinjau dari aspek didaktik, konstruksi dan teknis. Hasil uji praktikalitas handout oleh guru dan siswa menunjukkan bahwa handout ini praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa handout yang dilengkapi konsep utama disertai mind map pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yang dihasilkan sudah valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran biologi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan,SMA Kelas XII IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24644 |