Trisna, Iitdia (2011) Pola Pendidikan Anak Pada Keluarga Miskin di Korong Sungai Laban Kecamatan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman: Kasus Keluarga X di Korong Sungai Laban Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_IITDIA TRISNA_72319_2011.pdf [thumbnail of final_B1_IITDIA TRISNA_72319_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_IITDIA TRISNA_72319_2011.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberhasilan keluarga X dalam mendidik anaknya sehingga berprestasi di sekolah padahal orang tua (ibu) buta huruf dan kondisi ekonominya serba kekurangan. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pola pendidikan anak pada keluarga miskin dan ingin mendeskripsikan (1) Penanaman nilai kasih sayang dalam keluarga (2) Penanaman nilai moral dan agama (3) Penanaman nilai sosial (4) Penanaman niai kerja keras dan tanggung jawab orang tua terhadap pendidikan anak dalam keluarga miskin di Korong Sungai Laban Kec. Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus kualitatif. Dengan informan seluruh anggota keluarga X. Teknik pengumpul datanya adalah observasi dan wawancara. Teknik penjaringan informannya menggunakan teknik snow boll sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Prosesnya di lakukan dengan data reduction, data display, dan data verification. Berdasarkan temuan penelitian dan pembahasan dikemukakan bahwa pola pendidikan anak pada keluarga miskin di Korong Sungai Laban Kec. Nan Sabaris Kab. Padang Pariaman bahwa orang tua telah menanamkan pola pendidikan pada anak, terbukti bahwa orang tua memperhatikan ketika anak sakit atau mengeluh sakit, orang tua memperhatikan pola makan anak, orang tua berusaha membelikan peralatan sekolah anak, orang tua menasehati dan menegur anak ketika berbicara kotor atau kasar, orang tua mengizinkan anak untuk bermain keluar rumah dengan teman-temannya, dan orang tua menyuruh anak untuk belajar di rumah setiap hari. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar, (1)orang tua sebaiknya memberikan kasih sayang yang lebih terhadap anak dan mengikuti perkembangan anak, karna sejak kecil anak dibesarkan tanpa hadirnya ayah dalam lingkungan keluarga. (2)orang tua sebaiknya harus selalu memberikan contoh dan kesadaran beribadah pada anak dan orang tua harus memberikan motivasi belajar pada anak dan berusaha untuk selalu bisa mendampingi anak ketika belajar di rumah. (3)didarankan pada anak untuk lebih memahami kondisi orang tua yang serba terbatas dan berusaha lebih giat lagi dalam belajar walaupun dalam kondisi orang tua yang kurang mampu dan jangan pernah merasa takut atau rendah diri dengan teman-temannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Pendidikan Anak Keluarga Miskin |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | Faldo Aldiasep |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 08:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 08:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/24643 |